1. Apa Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
itu?
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah
suatu proses evaluasi yang bersifat internal dengan melibatkan
pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan Standar Nasional
Pendidikan (SNP) yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS
dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara konsisten dan
berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan
tingkat kab/kota.
2. Apa Tujuan Evaluasi Diri
Sekolah (EDS)?
Tujuan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah: (a) Menilai kinerja sekolah berdasarkan
Standar Nasional Pendidikan (SNP), (b) Mengetahui tahapan pengembangan dalam
pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai dasar peningkatan mutu
pendidikan; dan (c) Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka
pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
3. Apa Manfaat Evaluasi Diri Sekolah
(EDS)?
Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat sekolah, antara lain: :
- Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan dan peningkatan ke depan.
- Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.
- Sekolah dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengkaji peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
- Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.
Sedangkan manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat
lain dalam sistem, diantaranya:
- Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
- Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
- Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.
- Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan lainnya.
- Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan.
4. Apa lingkup Evaluasi Diri Sekolah (EDS)?
Lingkup Evaluasi Diri
Sekolah (EDS) menjawab 3 pertanyaan utama :
(1) Seberapa baik kinerja sekolah kita?; (2) Bagaimana kita
mengetahuinya?; dan (3) Bagaimana kita memperbaikinya?
5. Siapa yang Melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah (EDS)?
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh Tim
Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil
unsur guru; (3) Wakil Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4)
Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator
6. Instrumen apa yang digunakan dalam Evaluasi Diri Sekolah
(EDS)
Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terdiri dari 8
(delapan) Standar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Setiap
Standar terdiri atas beberapa komponen. Setiap Komponen terdiri dari beberapa
Indikator. Setiap komponen terdiri dari beberapa sub komponen. Setiap
Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari informasi kinerja
sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar